Kapten Termuda Inggris

15 Jun 2010

bobby-moore

Cederanya Jimmy Armfield yang mengambil alih ban kapten dari Johnny Haynes karena pensiun jadi keberuntungan Bobby Moore. Secara mengejutkan jabatan Armfiled diserahkan kepada Moore. Padahal, Moore terbilang pemain bau kencur. Ia baru 12 kali membela tim nasional Inggris.

Fantastisnya lagi, jabatan perdananya sebagai kapten The Three Lions, julukan Inggris, pada 29 Mei 1963 disematnya di usia 22 tahun. Itu usia termuda sebagai kapten Inggris sepanjang masa di level Internasional. Hasil kepemimpinan perdana Moore, Inggris menang 4-2 atas Cekoslovakia. Begitu Armfield pulih, Moore kembali turun kasta. Tapi, masuknya pelatih baru Alf Ramsey kembali memberinya keberuntungan. Moore dipercaya sebagai kapten sepanjang peertandingan persahabatan di musim panas 1964. Ketika itu, Inggris gagal merangsek ke babak selanjutnya Piala Eropa.

Moore berkembang sebagai pemain kunci Inggris di lini pertahanan. Di eranya, ia ikon sepakbola Inggris kendati tak lepas dari kontroversi gaya hidupnya di luar lapangan yang sempat terekam beberapa kali adu jotos di klub malam. Setelah mengemas trofi UEFA Cup Winners’ Cup 1964/1965, FA Cup 1964 dan World Cup 1966, Moore gantung sepatu dari lapangan hijau pada 1978. Di level timnas, ia memutuskan pensiun sejak 1973. Ketika itu ia menutup kariernya bersama The Three Lins dengan rekor caps nasional sebanyak 108 penampilan mengalahkan torehan Bobby Charlton 106 caps.

Rekor Moore dipecahkan kapten Peter Shilton yang menembus hingga 125 caps. Pada 28 Maret 2009, David Beckam juga melewati catatan Moore ketika membela Inggris melawan Slovakia. (Pro Gol Desember 2009)


TAGS Kapten Termuda Didunia


-

Author

Follow Me