Bagian-bagian Penting Pada Otak

21 Jun 2010

otak

Pernahkah anda berpikir dalam benak anda,ada apa sihh dalam otak yang sakti itu, well penting juga ne artikel ini supaya rasa syukur kita lebih kepada Allah,

Beberapa bagian penting pada otak yang memiliki peran penting dalam pengendalian kehidupan seseorang. Bagian tersebut adalah:

thalamus1

1. Thalamus. Ini merupakan bagian yang terdapat di otak depan, berfungsi mengatur proses masuknya informasi dari luar otak menuju ke kulit otak. Selain itu juga mengatur proses terjadinya gerakan organ-organ tubuh lewat koordinasi kulit otak dan otak kecil. Di bagian ini terjadi persimpangan saraf-saraf sensorik yang masuk ke otak.

hypothalamus

2. Hypothalamus. Berada di bawah Thalamus. Ia berfungsi mengatur kestabilan suhu badan, rasa lapar dan haus, kegiantan seksual, dan berbagai aktifitas bada lainya termasuk proses pertumbuhan dan menstruasi pada perempuan yang dikendalikan secara hormonal.

hippocampus

3. Hippocampus. Inilah bagian yang berfungsi untuk menyimpan memori rasional. Terutama ingatan-ingatan jangka pendek. Hippocampus berbentuk seperti huruf C, dan terletak di tengah otak. Ia sebenarnya merupakan bagian dari kulit otak yang menjulur ke bagian dalam otak. Karena itu, fungsinya terkait erat dengan proses rasional kulit otak.

Akan tetapi, Hippocampus juga berpean dalam sistem limbik yang menjadi pusat fungsi luhur manusia. Inlah bagain yang memberikan pertimbangan rasional kepada fungis luhur manusia. Bukan hanya emosional seperti yang diperankan oleh amygdala.

neurotransmitter

4. Neurotransmiter. Inilah adalah zat kimia di dalam otak yang berfungis membawa pesan antar sel saraf. Zat-zat pembawa pesan ini diproduksi di dalam sel-sel saraf yang ada di otak, ketika pesan dari otak harus ditransmisikan ke bagian-bagian lain. Hampir seluruh kegiatan otak memanfaatkan neortransmiter untuk menyampaikan pesan.

Duh ternyata kalau dipikir pantesan kita pintar friends,,

(Menyelam ke Samudera Jiwa dan Ruh).


TAGS Bagian-bagian penting pada Otak Manusia


-

Author

Follow Me