Faktor Pemicu Perbuatan Durhaka Pada Orang tua

24 Jun 2010

orangtua

Buat temen-temen mungkin tidak ingin disebut orang yang durhaka kepada orang tua, naudzubillahi min dzalik, nah kedurhakaan itu tentu ada pemicunya ya kan, disini ada banyak faktor yang dapat menjerumuskan seseorang pada perbuatan durhaka kepada orangtua, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Kebodohan. Kebodohan adalah penyakit yang mematikan. Orang yang bodoh menjadi musuh bagi dirinya sendiri. Apabila seseorang tidak mengetahui akibat buruk perbuatan durhaka kepada orang tua dan juga tidak mengerti balasan berbakti kepada orangtua, baik balasan di dunia maupun akhirat, tentu hal itu akan menjadi penyebab yang menjerumuskan dirinya pada perbuatan durhaka dan memalingkannya dari kebajikan.

2. Pendidikan yang buruk. Orangtua yang tidak pernah mendidik anaknya tentang ketaqwaan, kebajikan, silaturrahim, dan nilai-nilai mulia, tentu secara tidak langsung menuntun anaknya untuk membangkang dan durhaka kepada diri mereka sendiri.

3. Kesenjangan antara ilmu dan amal. Jika orangtua mengajarkan kebajikan kepada anak, namun mereka tidak mengamalkan kebajikan tersebut. Bahkan, melakukan perbuatan yang bertentangan dengan apa yang mereka ajarkan pada anak, maka hal ini dapat menjadi faktor pemicu pembangkangan anak kepada orang tua.

4. Pergaulan yang negatif. Ini adalah faktor yang kerap merusak perilaku anak dan membuat mereka berani berbuat durhaka. Di samping itu, pergaulan yang buruk akan meresahkan orangtua dan melemahkan pengaruh orangtua dalam pendidikan anak.

5. Kedurhakaan orangtua terhadap orangtua mereka. Ini di antara faktor yang mendorong anak utnuk berbuat durhaka kepada ayah atau ibunya. Ini yang perlu dicermati, hati-hati kepada hukum alam ini. Apbila orang durhaka kepada oranguta mereka, maka keduanya akan mendapat balasan yang setimpal berupa kedurhakaan anak-anak mereka. Karena gen mereka mengalir dari orangtua mereka sendiri.

6. Perceraian. Sebagian pasangan suami-istri yang bercerai acapkali tidak mengadukan masalahnya kepada kepada Allah. Perceraian pun terjadi tidak atas pertimbagnan yang baik. Bahkan, masiang-masing pihak (suami-istri) memamerkan kebaikan diri sendiri dan mencela pihak lain di hadapan anak. Jika anak bersama ibu, sang ibu akan menceritakan keburukan ayahnya, begitu pula sebaliknya apabila anak ada di pihak ayah, si ayah akan menceritakan keburukan ibunya.

7. Pilih kasih. Tindakan ini kan menanamkan rasa dengki dan angkara murka dalam jiwa anak, contohnya dalam keluarga terdapat dua anak, dan orangtua tersebut lebih memperhatikan anak yang satu lagi, maka anak tersebut tidak tanggung-tanggung akan memutuskan hubungan dengan orangtua.

Mungkin ada banyak pemicu kedurhakaan terhadap orang tua, tetapi yang sering kali banyak terjadi peristiwa-peristiwa di atas. Apalagi pada zaman sekarang banyak sekali terjadi hal di atas.

Untuk teman-teman renungkan sebuah hadist shahih di bawah ini:

Sesungguhnya Allah swt mengharamkan atas diri kalian perbuatan durhaka kepada ibu…..(HR. Bukhari).

Ya Allah semoga teman-teman saya tidak mengalami kedurhakaan terhadap orang tua, terutama saya,,Amiin ya Allah ya rabbal alamiiin. (keramat Hidup Orangtua: Nakhlah Pustaka)


TAGS Faktor Pemicu Perbuatan Durhaka Pada Orang tua


-

Author

Follow Me