HAL-HAL YANG MESTI DILAKUKAN ANAK SEPENIGGALAN ORANGTUA

1 Jul 2010

mayat

orang meninggal dunia

Bagi temen-temen yang tidak mempunyai kesempatan untuk berbakti kepada kedua orangtua di masa keduanya masih hiudp, begitu juga dengan orang yang ingin melanjutkan sikap dan rasa berbakti keapda kedua orangtuanya, di bawah ini ada beberapa amalan yang harus meski dilakukan . insya Allah pahalanya akan sampai keapda kedunay dan bermanfaat bagi keduanya di dalam kuburnya.

Bagi temen-temen yang kurang perhatian dengan hak-hak orangtuanya atas dirinya, tidaklah perlu putus asa dan bersedih hati. Masih banyak pintu-pintu kebaikan yang terbuka, jalan-jalan kebaikan pun masih banyak di antaranya:

1. Memintakan Ampun Dan Rahmat Untuk Kedua Orangtuanya, Baik Masih Hidup Atau Setelah Meninggal.

Dalilnya adalah:

I. Al An’am: 90)

II. Hadist Rasulullah SAW (Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla akan mengangkat derajat seorang hamba yang saleh di dalam surga. Lalu ia bertanya, “wahai Tuhanku, dari mana ini? Allah menjawab, “Karena permintaan ampun anakmu untukmu”).

2. Tidak Boleh Memintakan Ampun Untuk Orangtua Yang Musryik

Dalilnya adalah:

I. At Taubah: 113-114

Surat di atas adalah jawaban terhadap orang yang berdalil bahwa Ibrahim telah memintakan ampun untuk ayahnya yang musryik. Doanya bias dilihat di surat As Syu’afaa: 86.

3. Membayar Hutang Kedua Orangtuanya.

Dalilnya adalah:

I. An Nissa: 11 (Sesudah dipenuhi wasiat yang ia buat atau (dan) sesudah dibayar hutangnya).

II. Imam Al Bukhari (1852) …..penuhilah hutangnya kepada Allah, sesungguhnya hak Allah perlu dipenuhi.”

4. Memenuhi Janji-Janjinya.

Dalilnya adalah:

I. Al Bukhari (1852) “meriwayatkan hadits Ibnu Abbas ra, bahwasanya seorang wanita dari Juhinah “Sesungguhnya ibuku telah telah bernadzar untukj pergi haji, akan tetapi ia meninggal dunia, bolehkah saya menghajikan untuknya? Nabi bersabda, “Iya, pergi hajilah untuknya.

5. Tidak Meratapi Ketika Keduanya Meninggal Dunia.

Dalilnya adalah”

I. Shahih Muslim (934). Diriwayatkan dari Abi Malik Al Asy’ari ra, Nabi bersabda, “Empat perkara jahiliyah yang tidak tinggalkan umatku adalah;….meratapi kematian.”

6. Shadaqah jariyah.

Dalilnya adalah:

I. Shadaqah ini, pahalanya bisa sampai dan bermanfaat untuk mayit tesebut. Ini berdasarkan Ijma’ (kesepakatan) yang dinukil oelh Imam An Nawawi (Syarh Shahih Muslim oleh Imam Nawawi (4/167)).

II. Diriwayatkan oleh Imam Al Bukhari (2770) dari Ibnu Abbas Radhiyallahu Anhuma, bahwasanya seseorang (Sa’ad bin Ubadah ra) berkata kepada Rasulullah, “Sesungguhnya ibu saya telah meninggal, akankah bermanfaat jika saya bershadaqah untuknya? Rasulullah menjawab, “Iya, laki-laki itu berkata, “Sesungguhnya saya mempunyai perkebunan, maka saksikanlah bahwa saya menshadaqahkan untuk ibu saya.” Waallahu a’lam!!

Semoga artikel ini bermanfaat untuk temen-temen semua, dan bisa dilaksanakan dengan ikhlas agar kelak orangtua kita diringankan siksaannya dan tentu berpengaruh kepada kita…Amiin!!!


TAGS HAL-HAL YANG MESTI DILAKUKAN ANAK SEPENIGGALAN ORANGTUA


-

Author

Follow Me